Selamat Datang.......... Silahkan

Puasa, baik puasa wajib seperti puasa Ramadhan dan juga puasa sunnah seperti puasa Daud, memi­liki manfaat bagi tubuh, yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mekanismenya antara lain de­ngan terjadinya pengurangan konsumsi kalori yang akan membuat laju metabolisme energi menjadi berkurang. Buktinya, suhu tubuh orang yang se­dang berpuasa akan menurun, dan itu menunjukkan adanya pengurangan konsumsi oksigen.

Puasa juga dapat mengurangi produksi senyawa oksigen yang bersifat racun (radikal bebas oksigen). Menurut penelitian, sekitar 3 persen dari oksigen yang digunakan sel akan menghasilkan radikal bebas oksigen, dan itu akan menambah tumpukan oksigen racun, seperti anion superoksida (02-) dan hidrogen peroksida (H202), yang secara alamiah terjadi dalam tubuh.

Kelebihan radikal bebas oksigen akan mengurangi aktivitas kerja enzim sehingga menyebabkan terjadinya mutasi dan kerusakan dinding sel. Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan stroke, yang disebabkan dan diperparah oleh adanya senyawa radikal bebas ini.

Sebuah hasil pene­litian di Indonesia juga menunjukkan bahwa puasa dapat menekan laju produksi radikal bebas sekitar 90 persen, dan meningkatkan anti oksidan sekitar 12 per­sen. Jadi, dengan ber­puasa, berarti kita dapat meningkatkan daya ta­han tubuh seseorang.

Statistics Visitors
  • Today Visit: 13
  • Yesterday Visit: 13
  • Week Visit: 201
  • Total Visit: 139,258

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Alamat: Jln. Tanjung Api-api Pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Sukarami Palembang. | Login Admin