Selamat Datang.......... Silahkan

Ibadah puasa, erat kaitannya dengan kondisi mental atau kejiwaaan seseorang. Sikap mental memegang peranan yang penting karena suatu kondisi yang amat mendukung niat dan kesungguhan.

Niat merupakan salah satu kesiapan secara mental. Sebab, jika niatnya sudah tertanam kuat dan sungguh-sungguh, biasanya sikap mental juga akan memiliki sikap yang sama. Sisi signifikannya sikap mental terkait peranannya dalam puasa menurut Muhammad Rusli Malik (2003) adalah karena berkaitan dengan kesiapan, semangat, dan ketahanan.

Kesiapan merupakan aspek penting dalam melakukan suatu hal, termasuk dalam hal ini ibadah puasa. Orang yang memiliki kesiapan yang tinggi dan persiapan itu telah dirancang sebelumnya, akan memilki kesanggupan dalam menjalankannya dan kesanggupan dalam menghadapi setiap kesulitan yang ada. Sehingga, orang yang siap diibaratkan seperti orang yang selalu memiliki jalan keluar dari setiap masalah.

Hal ini juga berkaitan dengan sikap mental lainnya, semangat dan ketahanan. Semangat, misalnya, sikap mental ini merupakan pelecut atau mesin pendorong seseorang dalam melakukan segala hal. Semangat membuat orang pantang menyerah, meski dihadapkan dalam situasi yang sulit. Orang yang memiliki semangat yang tinggi, akan mempunyai impian yang harus dicapainya. Sehingga, jika impian tersebut belum tercapai maka ia urung untuk berhenti mewujudakan impiannya dalam konteks ini adalah puasa Daud.

Setelah itu aspek ketahanan, sikap mental yang satu ini juga penting karena mengandung nilai kekuatan. Orang yang memiliki ketahanan yang tinggi, tentu memiliki kekuatan yang tinggi dalam menghadapi setiap cobaan dan kesulitan yang ada. Sebab, cobaan orang puasa Daud yang paling nyata adalah menahan lapar dan dahaga. Untuk dapat melewati hal itu, seseorang harus memiliki sikap mental yang kuat dan daya menahan diri yang tinggi.

Statistics Visitors
  • Today Visit: 1
  • Yesterday Visit: 31
  • Week Visit: 139
  • Total Visit: 139,371

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Alamat: Jln. Tanjung Api-api Pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Sukarami Palembang. | Login Admin